Di Bulan Ramadan, NU Mesir Adakan Ngaji Kitab Karangan KH. Hasyim Asy’ari

Skuad pengajian Risalah Ahli Sunnah wal Jama’ah NU Mesir.

Ngaji kitab Risalah Ahli Sunnah wal Jama’ah karangan Hadlratus Syeikh M. Hasyim Asy’ari itu istimewa. Terlebih lagi jika pengajian tersebut merupakan agenda rutinan NU (Pcinu Mesir). Selain temanya tentang Aswaja, kita tabarrukan dengan pengarang kitabnya sendiri yang sekaligus pendiri Jam’iyah Nahdlatul Ulama. Kita dapat berlipat-lipat kebaikan.

“PCINU Mesir ini kan tugasnya adalah menemani kawan-kawan mahasiswa Indonesia di Mesir untuk belajar. Lebih dari itu, yaitu menciptakan dinamika keilmuan yang baik bagi mahasiswa dan warga NU. Pengajian ini diadakan atas dasar kelemahan sebagian warga NU yang tidak paham Aswaja, khususnya mahasiswa baru. Nah, kita memulainya dengan kitab ini. Mudah-mudahan istiqamah,” tegas Mas Ilman M. Abdul Haq, pengampu pengajian sekaligus Ketua Tanfidziyah PCINU Mesir.

Kitab Risalah Ahli Sunnah wal Jama’ah karya Hadlratus Syeikh M. Hasyim Asy’ari ini merupakan kitab tipis yang khusus ditulis sebagai modul bagi warga NU. Karena hanya sebagai modul, maka pembahasan tentang Aswaja di kitab tersebut strukturnya padat, tidak mendetail dan tidak menjelaskan sejarah secara utuh. Namun, yang menarik adalah mengenai keluasan dan kedalaman ilmu beliau yang mampu meresume pemikiran Aswaja dengan sangat gamblang dan mudah menjadi kitab Risalah Ahli Sunnah wal Jama’ah ini. Terlebih secara khusus beliau juga membeberkan masalah keagamaan yang terjadi di Jawa dalam kaitannya dengan persoalan akidah.

Wacana-wacana Aswaja sebetulnya sangat luas. Dalam konteks Aswaja an-Nahdliyah, keluasan manhaj akidah Ahli Sunnah wal Jama’ah ini terklasifikasikan pada 4 hal: Pertama: Akidah yang juga berkohesi langsung dengan persoalan-persoalan mistisisme. Kedua: Budaya, sebagai latarbelakang pembentuk karakter dan persfektif. Ketiga: Manhaj Ilmu (intelektualitas/pemikiran). Keempat: Gerakan. Ini kelengkapan yang dimiliki oleh Aswaja An-Nahdliyah.

Oleh karenanya, setiap Sabtu dan Selasa sore menjelang maghrib di bulan ramadan ini, Pcinu Mesir ngalap pituduh kepada Hadlratus Syeikh M. Hasyim Asy’ari. Pengajian ini diampu oleh Ketua Tanfidziyah PCINU Mesir, Mas Ilman M. Abdul Haq. Semoga istiqamah dan memberkahi kita semua.[Asr]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *