Lailatul Qadar, Bagaimanakah?

Oleh: Muhammad Fajrul Falah Affandi

Umat muslim yang mendambakan pahala belimpah di bulan Ramadhan, tidak akan menyia-nyiakan kesempatan mendapatkan keutamaan malam Lailatul Qadar, tapi kapan Lailatul Qadar tersebut terjadi? Andaikan dijelaskan waktunya, tentu sebagian orang tidak akan bersungguh-sungguh ibadah sebelumnya.

Apa Arti Lailatul Qadar tersebut? Lailatul Qadar berasal dari bahasa Arab lailatu al-qadar yang artinya malam ketetapan. Malam Lailatul Qadar juga bisa dideskripsikan sebagai malam yang penting dan terjadi di akhir-akhir bulan Ramadan yang digambarkan sebagai malam yang lebih mulia dari seribu bulan serta merupakan malam turun nya Al-Qur’an.

Kembali memperjelas terjadinya malam Lailatul Qadar, Allah Swt. merahasiakan waktu terjadinya Lailatul Qadar. Sedangkan manusia tidak dapat memastikan kapan akan terjadinya Lailatul Qadar. Namun para ulama bersepakat bahwa terjadinya malam Lailatul Qadar itu terjadi di malam 10 Ramadan terakhir di setiap tanggal tanggal ganjil. Hal ini bukan semata-mata hanya pendapat karena hal ini ada dasar hukum yang kuat yaitu terdapat pada sabda Rasulullah Saw. yang di riwayatkan oleh Aisyah r.a., sebagai berikut:

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِفِي الْوِتْرِمِنَ الْعَشْرِالْأَوَاخِرِمِنْ رَمَضَان

“Rasulullah Shallallâhu ‘Alaihi wa sallam beri’tifkaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan dan beliau bersabda, artinya: ‘Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadan” (HR. Bukhori dan Muslim)

Kendati ulama sepakat Lailatul Qadar terjadi bulan Ramadhan, namun sebagian ulama mengatakan Lailatul Qadar juga ada pada bulan yang lain. Penjelasan ini sebagai disebutkan Abdul Wahab As-Sya’rani dalam Mîzan al-Kubrâ. Ia menjelaskan:

إن ليلة القدر في شهر رمضان خاصة مع قول أبي حنيفة إنها في جميع السنة، فالأول مشدد والثاني مخفف

Artinya: “Lailatul Qadar terjadi bulan Ramadan saja, namun menurut Abu Hanifah juga bisa terjadi pada setiap bulan. Pendapat yang pertama ketat, sementara pendapat kedua lebih longgar.”

Argumentasi pendapat pertama sangatlah banyak. Ada banyak dalil yang menjelaskan bahwa Lailatul Qadar terjadi pada bulan Ramadan. Salah satunya adalah hadits yang dikutip di atas. Sementara argumentasi pendapat kedua, yang menyatakan Lailatul Qadar bisa terjadi tiap bulan bahkan tiap hari didasarkan pada ilham dan pengalaman spiritual.

Jika telah Memahami pengertian dan waktu terjadinya malam Lailatul Qadar seperti yang dijelaskan di atas, maka banyak di antara kita yang bertanya-tanya apakah yang menjadi istimewa malam Lailatul Qadar di banding malam-malam yang lainnya? Berikut keutamaan atau keistimewaan malam Lailatul Qadar berdasarkan firman Allah Swt. dan hadist Nabi Muhammad Saw.:

Waktu di turunkan Al-Qur’an

Malam yang penuh dengan keberkahan

Malam yang lebih utama dibanding 1000 bulan

Malam dimana malaikat turun ke bumi, termasuk malaikat jibril

Malam keselamatan

Malam dicatatnya takdir tahunan manusia

Malam yang penuh dengan ampunan dosa bagi yang mau menghidupkan malam Lailatul Qadar

Cukuplah untuk mengetahui tingginya kedudukan Lailatul Qadar dengan mengetahui bahwasanya malam itu lebih baik dari seribu bulan, Allah berfirman:

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

“Sesungguhnya Kami menurunkan Al-Qur’an pada malam Lailatul Qadar, tahukah engkau apakah malam Lailatul Qadar itu? Malam Lailatul Qadar itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turunlah malaikat-malaikat dan Jibril dengan izin Allah Tuhan mereka (untuk membawa) segala usrusan, selamatlah malam itu hingga terbit fajar.” [Al-Qadar: 1-5]

Dan pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.

إنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ ۚ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ أَمْرًا مِنْ عِنْدِنَا ۚ إِنَّا كُنَّا مُرْسِلِينَ رَحْمَةً مِنْ رَبِّكَ ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Maha mendengar lagi Maha Mengetahui” [Ad-Dukhan: 3-6]

Dengan penjelasan mengenai pengertian dan keistimewaan malam Lailatul Qadar di atas. Pasti diantara kita semua menginginkan supaya mendapatkan keutamaan malam tersebut. Malam Lailatul Qadar hanya dijumpai setahun sekali, dan terjadinya pun tidak di setiap malam. Bahkan waktu tepatnya tidak ada yang tahu karena Allah Swt. merahasiakannya. Semoga dengan penjelasan di atas, dapat memotivasi kita semua untuk lebih rajin lagi dalam beribadah di bulan Ramadan ini. Semoga kualitas ibadah kita lebih baik dari tahun kemarin. Serta semoga di bulan romadlan tahun ini akan mendapatkan keutamaan dari malam Lailatul Qadar.

Amiin….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *