NU Mesir Siap Menyambut Peserta Beasiswa PBNU

KAIRO, NUMESIR.NET—Menjelang kedatangan mahasiswa baru yang mendapatkan beasiswa melalui jalur PBNU tahun lalu, PCINU Mesir mengadakan rapat panitia pada Sabtu, 24 Agustus lalu, guna mempersiapkan acara Pekan Orientasi dan Pembekalan Kader (PORSPEK) PCINU Mesir 2019. Acara tersebut diselenggarakan untuk menyambut dan memperkenalkan al-Azhar, Mesir, ke-Aswaja-an dan berbagai kegiatan PCINU di Mesir kepada 29 mahasiswa yang akan datang pada akhir Agustus ini. Rapat tersebut dimulai pada pukul 19.00 didampingi oleh Ketua Tanfidziah, Rikza Aufarul Umam, Habibah Mas Ruroh selaku Ketua Fatayat, serta senior NU yang akrab disapa Mas Bakri.

Rapat dimulai dengan berbagai pengarahan dari Tanfidziah dan Fatayat, mengingat panitia acara tersebut adalah anggota dari marhalah baru NU; Khatulistiwa, dan acara ini adalah yang pertama kalinya diadakan untuk menyambut mahasiswa yang akan menetap di asrama Bu’uts, Rikza atau yang biasa disapa Mas Aris, menyampaikan bahwa diadakannya acara tersebut bukanlah untuk ‘menganak emaskan’ mereka, melainkan sudah menjadi suatu keharusan untuk memperkenalkan para mahasiswa baru tersebut kepada hal-hal yang akan mereka hadapi sebagai mahasiswa al-Azhar, dan sebagai kader Nahdliyin yang Azhari. Beliau juga menghimbau panitia agar tidak sungkan dalam menyelenggarakan acara tersebut, yang mana para peserta PORSPEK mendatang adalah teman sebaya para panitia yang seharusnya datang pada 2018 lalu.

Pengarahan dilanjutkan oleh Ketua Fatayat, Habibah, yang menghimbau persiapan waktu dan konsep diselenggarakannya PORSPEK tersebut, tersebab pihak asrama Buuts tidak membolehkan mahasiswa yang tinggal di sana untuk berpergian sebelum pengurusan administrasi selesai. Panitia harus lebih matang untuk membentuk konsep, jika ingin membuat acara besar untuk mereka sendiri. Jangan menganggap anak Bu’uts itu orang lain, dan jangan mengoranglainkan anak-anak Bu’uts. Meskipun jarak kedatangan mereka terpaut jauh dari kalian, mereka tetap teman kalian, ajaklah mereka ikut kegiatan-kegiatan Khatulistiwa…”  Begitulah pesan yang ditekankan oleh Habibah di akhir pengarahannya. Pesan tersebut adalah harapan untuk anggota Khatulistiwa, agar dapat mengajak mahasiswa yang menetap di Bu’uts untuk aktif di berbagai kegiatan di luar.

Rapat berlanjut pada agenda terakhir, yaitu kumpul per-divisi untuk membahas teknis dan segala keperluan yang dibutuhkan untuk perhelatan mendatang. Haidar Syauqi sebagai ketua panitia menyampaikan harapannya untuk seluruh panitia dan kesiapan PORSPEK PCINU 2019 esok. “Tentunya, saya sangat mengharapkan para panitia agar lebih serius, sigap dan siap kapanpun diperlukan. Lalu kesolidan para panitia sangat dibutuhkan, karena ketika panitia sudah solid, insya Allah acara dapat berjalan lancar.”

Rapat ditutup pukul 23.00 WLK. Setelah berbagai persiapan terkait acara selesai, dan dipungkasi dengan doa. (naell)

Leave a comment