Ketua Umum PP JQH PBNU Lantik PCI JQH NU Mesir

0 256

Pengurus Cabang Istimewa Jamiyatul Qurra wal Huffadz (PCI-JQH) NU Mesir yang telah terpilih pada Oktober 2020 lalu mengadakan pelantikan pengurus di tengah situasi pandemi Covid-19 di Kairo.

Pelantikan yang dilaksanakan secara daring tersebut dilakukan langsung oleh Saefullah Ma`sum, Ketua Umum Pengurus Pusat JQH PBNU didampingi oleh Jazim Khalidi selaku Wakil Ketua Umum serta  jajaran pengurus PP JQH di Jakarta pada 20 November 2020 di Sekretariat PCI-JQH NU Mesir.

Menyampaikan sambutan sebelum prosesi pelantikan, Ketua PCI-JQH NU Mesir yang baru, Ahmad Nasihul Umam antara lain menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Ketua Umum PP JQH PBNU dan seluruh jajaran atas bimbingan yang selama ini diberikan. Ia menegaskan tekadnya untuk memimpin JQH Mesir ke arah yang lebih maju, baik di bidang manajemen keorganisasian, kegiatan dan juga pembinaan anggota.

Ketua Umum PP-JQH, dalam sambutannya mengatakan bahwa kepengurusan PCI JQH NU di Mesir hanya berlangsung selama satu tahun, sebuah periode yang pendek. Ia berharap agar masa bakti kepengurusan ditingkatkan menjadi dua atau tiga tahun. Selain itu, Saefullah juga berpesan agar pengurus PCI-JQH NU Mesir lebih menfokuskan kegiatannya pada kajian-kajian ilmu Alquran dari para masyayikh yang membidangi ilmu terkait di al-Azhar Mesir.

“Pengurus PCI-JQH tidak perlu menyibukkan dirinya untuk mendirikan koperasi atau sejenisnya, tetapi manfaatkan waktu sebaik-baiknya demi menghafal Alquran, memperbaiki qiraat dan mendalami ilmu-ilmu Alquran dari para ulama terkemuka di al-Azhar al-Syarif di Mesir,” pesan ketua melalui layar Zoom.

Sementara itu, Rais Syuriah PCINU Mesir, Muhlashon Jalaluddin yang hadir menyampaikan tausiah di tempat pelantikan mengatakan bahwa tantangan dakwah saat ini dan yang akan datang sangat berat. Medan dakwah sudah banyak dikuasai oleh sekelompok umat yang mampu menyajikan model dakwah menarik bagi masyarakat, sementara mereka tidak dibekali dengan ilmu yang mendalam.

Tidak sedikit dari mereka yang dakwahnya cenderung mengakibatkan perpecahan antar-umat Islam di Indonesia. Untuk itu, kepada pada kader penjaga Alquran Nahdlatul Ulama, Muhlashon berpesan agar lebih istiqamah di dalam menuntut ilmu-ilmu Alquran, sehingga nantinya bisa berkontribusi di dalam berdakwah secara konsisten, mengenalkan ajaran Islam yang sejuk, damai dan rahmatan lil alamin.

Ketua Tanfidziyah PCINU Mesir terpilih, pada kesempatan tersebut menyampaikan harapannya kepada pengurus PCI-JQH agar dapat melanjutkan program dan kegiatan kepengurusan terdahulu yang baik-baik dan berupaya untuk berinovasi menciptakan program-program yang lebih baik lagi.

Pelantikan yang dilaksanakan saat cuaca memasuki musim dingin di Kairo dan ditandai dengan turunnya hujan tersebut berlangsung khidmat. Acara juga dihadiri oleh Rais Majelis el-Ilmie, para senior JQH, Ketua Anshor, Ketua Fatayat serta pengurus dan anggota PCINUa Mesir. (*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.