Lailatul Ijtimak; Wadah Perkuat Kesatuan dan Gotong Royong Nahdliyin Mesir

0 170

Lantunan doa dan selawat menggema di Sekretariat PCINU Mesir Darrasah, Kamis malam (17/12). Acara bertajuk “Gema Sholawat Kebangsaan” tersebut berhasil digelar oleh PC GP Ansor Mesir dan PCI Fatayat NU Mesir. Pasalnya, Lailatul Ijtima’ yang dahulu biasa dikoordinasi oleh Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama Mesir (LDNU), kini dialih tugaskan ke Ansor dan Fatayat Mesir.

Berbeda dengan Lailatul Ijtima’ biasanya, kali ini Ansor dan Fatayat Mesir menggandeng almamater Nahdlatul Ulama se-DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten untuk berkolaborasi menyelenggarakan acara tersebut. Mendapat sambutan yang sangat baik, acara perdana ini dihadiri hingga 150 warga, besarta Sekjen PPMI Mesir dan ketua dari masing-masing kekeluargaan.

Acara dimulai pukul 18.00 WLK. dengan pembacaan tawasul, khususnya untuk para pendiri NU beserta sesepuh-sesepuh pengasuh pondok pesantren di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Acara berjalan khidmah dilanjut dengan pembacaan Yasin, Tahlil dan selawat Simtuddurar. Tak lupa, lagu kebangsaan Indonesia Raya juga turut dinyanyikan bersama usai Mahallul Qiyam. Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan serta petuah keagamaan.

Dalam sambutannya, Ketua PC GP Ansor Mesir, Ali Al-Ghifari menuturkan, bahwa acara ini juga sebagai pengingat Nahdliyin-Nahdliyat akan amanat besar sebagai duta Indonesia di Mesir untuk bisa menyiarkan dakwah-dakwah NU yang semacam ini. Beliau juga menambahkan, bahwa sebenarnya tanpa ada diksi kebangsaan dalam tajuk acara tersebut, kegiatan-kegiatan yang digelar NU (salah satunya selawatan), di dalamnya pun sudah bernilai kebangsaan. Pasalnya, dengan kumpul-kumpul ataupun kenduren, Nahdliyin-Nahdliyat menjadi kental akan persatuan dan gotong royong.

Acara demi acara berlangsung dengan lancar, dan ditutup pukul 21.45 WLK. Wahid Fuadi selaku ketua almamater IKLAS dan perwakilan penanggung jawab acara, menuturkan banyak terima kasih untuk NU Mesir yang telah melibatkan almamater-almamater NU se-DKI, Jawa Barat dan Banten dalam acara tersebut. Harapan beliau, semoga silaturahim Nahdliyin-Nahdliyat di Mesir terus berlanjut lewat acara seperti ini. Pun semoga ke depannya, Nahdlatul Ulama bisa terus memberikan kontribusi besar untuk bangsa dan negara. (Tanzil/elR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.