Orientasi Penerimaan Anggota Baru PCINU Mesir 2021

0 87

Acara puncak Orientasi Penerimaan Anggota Baru (OPABA) PCINU Mesir berlangsung pada tanggal 17 Juli 2021. Beberapa hari sebelum acara puncak digelar, para peserta mengikuti kegiatan pra-OPABA. Isi dari kegiatan pra-OPABA tersebut, para peserta diminta membuat vlog yang berisi ulasan tentang keAzharan, biografi masyayikh NU, biografi masyayikh al-Azhar, dan seluk beluk NU Mesir beserta lembaga-lembaganya. Lomba vlog mempunyai tujuan utama untuk semakin memperkenalkan internal PCINU, juga mengajak para peserta OPABA untuk terpacing jiwa keingintahuannya akan internal PCINU yang beragam.

Saudara Rikza Aufarul, selaku Ketua Tanfidziyah menjelaskan bahwa pelaksanaan OPABA tahun ini sebenarnya terlambat. Mahasiswa baru dari Indonesia datang di Kairo sejak Januari 2021, berarti OPABA seharusnya dilaksanakan pada bulan Februari, tapi ujian termin satu universitas al-Azhar diundur sampai bulan Februari. Pelaksanaan OPABA pun diundur, sampai pelaksanaan ujian al-Azhar selesai. Di bulan berikutnya, tiba-tiba ada maklumat ujian termin dua dimajukan,OPABA pun tertunda lagi. Hingga akhirnya, pantia OPABA beserta jajaran pengurus PCINU Mesir sepakat melaksanakan OPABA pada bulan Juli ini.

Karena tertunda beberapa kali, tepatnya di tanggal-tanggal sebelum 17 Juli 2021, para panitia beserta sebagaian dari pengurus PCINU Mesir mengadakan serangkaian acara pra-OPABA, diantaranya ngaji kitab ta’lim muta’allim dan beberapa kitab kuning lainnya secara live selama bulan Ramadhan.

Saudara Rikza melanjutkan, karena adanya penundaan pelaksanaan OPABA sejak bulan Januari kemarin, para panitia sempat pro-kontra apakah OPABA tahun ini tetap dilaksanakan atau ditangguhkan saja sampai tahun depan. Setelah mengalami perdebatan, akhirnya para panitia dan beberapa jajaran pengurus Tanfidziyah sepakat bahwa OPABA untuk mahasiswa-mahasiswi kedatangan tahun 2021 tetap dilaksanakan tahun ini. Untuk teknis pelaksanaan acara, para panitia siap untuk mematuhi protokol kesehatan.

Kenapa Acara OPABA Tetap Dilaksanakan?

ini merupakan agenda regenerasi PCINU Mesir ke generasi selanjutnya. Jadi, idealnya setiap tahun PCINU Mesir sudah punya kader-kader baru yang siap berkhidmah untuk NU. Menetapnya para mahasiswa baru di Mesir beberapa bulan terakhir ini, tidak menjamin pengetahuan mereka tentang ke-NU-an ini mendalam. Jadi, OPABA harus tetap dilaksanakan. Meskipun, pemahaman mereka terkait NU Mesir belum tentu utuh dengan hanya ikut OPABA.

Kendala Apa Saja yang Menghambat Proses Berjalannya OPABA?

Ada satu kendala yang di luar kemampuan kita, yaitu signal. Selebihnya, kami bisa mengatasinya. Contoh kendala selain signal adalah, kefokusan peserta memantau layer selama acara seremonial pembukaan dan talk show. Maka dari itu, para panitia menyiasati serangkaian acara seremonial dan talk show kurang dari dua jam. Supaya para peserta bisa tetap fokus mengikuti serangkaian acara lain yang telah disusun secara komunikatif.

“Semaksimal usaha kita dalam menyampaikan materi di OPABA, saya yakin penyampaian materi tersebut tidak utuh. Maka dari itu, kami akan mengupayakan berkampanye secara aktif di media sosial untuk semakin memperkenalkan PCINU Mesir kepada para khalayak.” Pungkas saudara Aris di akhir sesi wawancara dengan wartawan Numesir.net.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.