Tim Riset PCINU Mesir Mengadakan Diskusi Buku Metode Penelitian

0 80

Tim Riset PCINU Mesir mengadakan diskusi buku “Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan” karya Prof. Dr. A. Muri Yusuf pada pada Jumat (23/7/2021) lalu di sekretariat PCINU Darrasah untuk mempersiapkan tenaga profesional riset.

Diskusi yang dimulai pukul 8.00-11.30 CLT itu dihadiri oleh 10 peserta. Pada pertemuan kali ini, Nizam dan Mawaddah, selaku pemateri memaparkan bab 11, tentang pengertian, karakteristik dan tujuan penelitian kualitatif. Dan bab 12, tentang Studi Kasus, case studies dan Grounded Theory Methodology.

Menurut Nizam, ada 8 poin penting dalam bab 11, yaitu: teori, makna (meaning), interpretasi, fenomena, empirik, naratif-deskriptif, induktif, dan natural setting (keadaan/latar alami, lingkungan, dan sosial budaya). “Mempelajari pengertian kuantitatif merupakan suatu strategi inquiry yang menekankan pencarian makna, pengertian, konsep, karakteristik, gejala, simbol, maupun suatu deskripsi tentang suatu fenomena, fokus dari kualitatif metode bersifat alami serta holistik, menggunakan beberapa cara serta disajikan secara naratif, “ Ungkap Nizam.

Dalam bab 12 dipaparkan bahwa studi kasus adalah suatu proses pengumpulan data dan informasi secara mendalam dan mendetail, intesif, holistik dan sistematis tentang orang, kejadian sosial, kelompok dkk. “Studi kasus digunakan untuk mempelajari suatu fenomena atau kasus yang ramai di masyarakat, jadi ketika ingin memahami kasus, maka gunakanlah teori kualitatif.” Tegas Nizam.

Selain studi kasus, dalam bab 12 juga membahas tentang Grounded Theory Methodology, suatu metodologi umum untuk mengembangkan teori melalui penelitian kualitatif yang dilakukan sistematis dan mendasar, “ini bisa jadi sudah ada teori dan kemudian tinggal mencari data sebagai sumber yang membangun teori lagi, nah teori di awal dugunakan untuk memperjelas dan menerangkan data yang didapat dilapangan.”

Karena materi yang banyak dan waktu yang singkat, pemateri Mawaddah hanya menerangkan sedikit dan sisanya akan dilanjut kemudian hari di waktu dan jam yang sama.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.